Sunday 5 January 2014

Syndrome Narcisizme Personality

Saya inget pernah mengeposkan tulisan ini di facebook, dan untuk blog saya yang baru ini saya ingin mengisinya dengan pos yang sama. pernah saya mengikuti acara TV sebuah wawancara bersama dra safitri seorang psikiatris yang cantik mengenai narcisizme syndrom. kurang lebih beginilah isinya....... 
Narcisizme Personality adalah keadaan kejiwaan seseorang yang di pengaruhi oleh keadaan serta sikap emosional seseorang terhadap keadaan atau orang lain di sekitarnya yang cenderung dilebih lebihkan atau di dramatisir untuk menutupi kekurangan diri. Orang yang terkena sindrom ini lebih sering menonjolkan diri dengan kesan dipaksakan sehingga makin jauh dari rasa malu.Ketika orang melakukan sesuatu dengan berlebihan,ini cenderung memalukan.Namun bagi si pelaku tidak terasa,itulah sebabnya sindrom ini berbahaya.Jangan jangan kita sudah berada pada tingkat narsis ini.Maka marilah kita mengenalnya lebih jauh. 

Ciri ciri
Orang yang terkena sindrom ini memiliki ciri ciri sebagai berikut:
  1. Dia sering menceritakan prestasinya sendiri dimasa lalu tanpa diminta oleh orang lain yang sedang di ajak bicara.Bahkan terkadang prestasi yang dia ceritakan tidak ada sangkut pautnya dengan bahan perbincangan saat itu. 
  2. Apa yang dia lakukan bagi dia hal biasa,tapi bagi orang lain memalukan.. 
  3. Rasa malunya berkurang
  4. Cenderung meninggikan diri dengan merendahkan orang lain. 
  5. Meng-explode kelebihan yang ada pada dirinya 
  6. Mendramatisir masalah untuk mencari perhatian /sensasi narsis itu artinya berlebihan dan apapun yang berlebihan itu sebenarnya tidak bagus.Apalagi berlebihan dalam pencitraan diri dihadapan orang lain.
Kesimpulannya orang yang narsis akan melebih lebihkan diri untuk menutupi kekuranganya.
Contoh tindakan narsis:
  • ada seorang pemuda yang-mohon maaf-lumayan "kurang ganteng" (ga enak kalo disebut jelek), bertanya kepada seorang cewek "gimana ya caranya mutusin cewek gue secara baik baik? Telah saya berusaha menjauhinya tapi dia selalu ngejar ngejar terus".Ternyata dia sering menanyakan hal yang sama kepada beberapa teman lainnya.Kesan yang ingin dia sampaikan adalah supaya orang tahu bahwa banyak cewek yang suka sama dia bahkan dia kesulitan menyikapinya. Namun dia nggak sadar bahwa teman bicaranya akan berpikir "ya ampun..!Ada yang mau sama kamu aja aku heran. Mau diputusin....?!Nggak ngaca apa?!" 
  • ada pula yang bercerita kalau dia sering membelikan pacarnya ini itu anu dan sebagainya."kemarin juga dia aku beliin sandal jepit kerpil yang ada bunganya....Bla..Bla.." amit amit ! 
  • seorang asisten manager bercerita kepada bawahanya kalau apa yang selama ini menjadi hal hal baik dalam perusahaan yang diputuskan oleh manager,ide idenya adalah berasal dari dia.Kemudian membandingkan keadaan buruk dimasa lalu dengan keadaan baik yang ada sekarang dengan dia sebagai pencetus idenya.Bahkan lebih sering dia juga membandingkan dirinya dengan asisten manager lainya dihadapan bawahan.Bener bener narsis. 
Untuk lebih mengenal diri anda sendiri, apakah termasuk orang yang ada di uraian di atas??.
Sekian dulu tulisan saya ini walaupun tidak lengkap semoga bermanfaat.
 --oo0oo--

No comments:

Post a Comment